Rabu, 12 Februari 2014

Macam-Macam Operating System Yang Populer Di Dunia

Halo..Jumpa lagi nih kawan,, :) huff udah lama rasanya gak buat postingan di blog ini .
kalian gimana kabarnya nih?
semoga sehat selalu yaa ..

kali ini aku mau beri beberapa informasi mengenai opertaing system yang populer di dunia saat ini.
kalian tau OS apa aja sih..kalo aku paling taunya Windows,Android,Java,Symbian,MacOs itu aja kaknya yaa :D
hahaha,gaptek ah..
ternyata setelah aku googling sana sini,eh ternyata ada bnyak banget OS ynag ada di unia ini :O
Biar gak tambah bingung. Kali ini aku bakalan jabarin satu per satu OS yang ada,yang populer yang aku dapetin ..
selamat membaca. :)

Perkembangan OPERATING SYSTEM(OS) Di dunia ini di mulai dari tahun 1970 lho..(jadi sebelum tahun ini belum ada OS)
OS yang pertama ini bernama GUI atau nama panjangnya Graphic User Iterface.
OS ini di kembangkan oleh para peneliti Xerox Palo Alto Research Center (PARC).]

Dengan adanya sistem operasi ini, maka dunia komputer mulai mengalami kemajuan yang signifikan dan membuka era baru dalam sistem komputer grafis. GUI diterapkan pada komputer pribadi (PC) pertamanya dengan menggunakan grafis yang modern yaitu dengan nama Xerox alto yang diluncurkan pada tahun 1973. Tetapi walaupun berbentuk PC, komputer ini bukan ditunjukan untuk sebagai PC rumahan, tetapi untuk keperluan peneliti Universitas.
Lalu kemudian pada tahun 1981, Xerox merilis kembali sistem operasi yang baru dan lebih modern yang diberi nama The Xerox Star. Xerox star kemudian berganti nama menjadi Viewpoint lalu berganti nama lagi menjadi GlobalView.
Kemudian GUI mengembangkan sistem operasi VisiCorp Visi On yang ditunjukan untuk IBM PC. Siste operasi ini sudah menggunkan mouse sebagai pengendali penunjuk tetapi OS ini tidak menggunkan ikon pada tampilanya. Sistem Operasi ini dibuat sebenarnya ditargetkan untuk menarik perusahaan-perusahaan besar dan akan dijual dengan harga yang tinggi.




Berikut sejarah singkat dari perangkat lunak OS dalam dunia komputer, yang dikenal kuhususnya di Indonesia secara umum :

  • Era 1940-an – 1975 : Perangkat Komputer generasi yang pertama, dimana perangkat- perangkat ini belum menggunakan OS.
  • 1975 : Perangkat Komputer “Altair”, adalah perangkat komputer yang pertama kali memakai OS yang disebut “CP/M.
  • Era awal 1980an : Memakai dasar “CP/M”, perusahaan IBM yang ketika itu masih bergandengan dengan Microsoft meluncurkan DOS, dimana DOS terus dikembangkan, bahkan sampai saat ini.
  • 1981 : Perusahaan Xerox mengeluarkan “Xerox 8010 Star IS” yang merupakan perangkat komputer dengan GUI-OS yang petama, yang merupakan pengembangan dari penelitian GUI yang diteliti dan dikembangkan di Universitas Stanford.
  • 1983 : Perusahaan Apple mengeluarkan perangkat yang disebut “Apple Lisa” yang merupakan konsep dari windows nantinya.
  • 1985 : MS. Windows 1.0 pertama kali keluar, hanya saja OS ini begitu buruk, sehingga tidak dapat menyamai kesuksesan Apple, namun OS ini akan terus berkembang sampai dengan sekarang.
  • 1990 : IBM dan Microsoft berpisah, dan Microsoft mengeluarkan MS Windows 3.0, dimana OS ini mendapat sambutan yang sangat baik di mata dunia, bahkan OS Windows inilah yang pertama kali masuk ke Indonesia, yaitu versi 3.1.
  • Era 1990- sekarang : OS makin berkembang dan makin banyak pilihan mulai dari Windows dengan berbagai macam versi, seperti Windows 98, NT, Windows 7, Windows Vista, dll yang populer sekarang ini, serta OS lainnya seperti Novel Netware, Unix, Linux Red Hat dan semakin banyak dan berkembang terus menerus.
Dengan terus berkembangnya software untuk OS, maka dunia Komputer khususnya Teknologi Informasi akan semakin banyak mendapatkan pilihan dalam OS yang menjadi dasar dalam mengoperasikan komputer untuk mencapai kemajuan-kemajuan lainnya dan signifikan di masa mendatang.

sumber: google dengan edit seperlunya